Karakteristik CAI


Program CAI mempunyai 2 (dua) karakteristik, yaitu :
1)    CAI merupakan integrated multimedia yang dapat menyajikan suatu paket bahan ajar (tutorial) yang berisi komponen visual dan suara secara bersamaan. 
2)    CAI mempunyai komponen intelligence yang membuat CAI  bersifat interaktif dan mampu  memproses data atau jawaban dari sipengguna.
Kedua karakteritik inilah yang membedakan antara program pembelajaran yang disajikan lewat CAI dengan program pembelajaran ;yang disajikan lewat media lainnya. Umumnya program-program pembelajaran yang disajikan lewat CAI terlihat lebih bermakna, karena mampu menyajikan suatu model pembelajaran  yang bersiat interaktif.
Berkenaan dengan karakteristiknya tersebut dan kegunaannya sebagai media pembelajaran, Pustekkom kemudian memberikan nama “Multimedia Pembelajaran”, untuk program-program pembelajaran berbantuan komputer yang dikembangkan.
Melihat namanya maka kita bisa segera bisa asumsikan bahwa multimedia pembelajaran  mempunyai pengertian penggunaan banyak media (teks, grafis, gambar, foto, audio, animasi dan video) atau paling tidak bermakna lebih dari satu media, yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran secara bersama-sama guna mencapai suatu tujuan pembelajaran tertentu

0 komentar:

Posting Komentar

 
NURUL ZAKINAH ASHADI PTIK-UNM © 2012 | Designed by Canvas Art, in collaboration with Business Listings , Radio stations and Corporate Office Headquarters