Ada
lima tipe CAI yang sering dipergunakan ( Patterson, Strickland, 1986)
yaitu :
1)
Drill
and Practice (Latihan dan Praktek)
Tipe Drill and Practice menyajikan materi pelajaran untuk
dipelajari secara berulang. Tipe program ini adalah cocok dipergunakan sewaktu
pengajar menyajikan latihan soal dengan disertai umpan balik. Tipe perangkat
lunak ini sering kali dipergunakan untuk menambah pelajaran pada bidang
matematika atau faktual. Selama pelaksanaan latihan-latihan soal pada Drill and
Practice, komputer dapat menyimpan jawaban yang salah, laporan nilai, contoh
jawaban yang salah dan pengulangan dengan contoh-contoh masalah yang telah dijawab
secara tidak benar.
2)
Tutorial
Tipe Tutorial ini menyajikan materi yang telah diajarkan atau
menyajikan materi baru yang akan dipelajari. Pada program ini memberi
kesempatan untuk menambahkan materi pelajaran yang telah dipelajari ataupun
yang belum dipelajari sesuai dengan kurikulum yang ada. Tutorial yang baik
adalah memberikan layar bantuan untuk memberikan keterangan selanjutnya atau
ilustrasi selanjutnya. Dan juga untuk menerangkan segala informasi untuk
menyajikan dan bagaimana menyajikannya. Ketika kita mengevaluasi Tutorial, kita
perlu untuk mengevaluasi jika Tutorial tidak hanya menyajikan informasi tapi
juga harus menerangkan jawaban-jawaban yang salah. Sewaktu program ini
menerangkan jawaban- jawaban yang salah, program ini harus mempunyai kemampuan
untuk melanjutkan pelajaran dari poin dengan memberi umpan balik pada informasi
yang salah dimengerti sebelum melanjutkan ke informasi baru.
3)
Simulation (simulasi)
Tipe simulasi memberikan kesempatan untuk menguji kemampuan
pada aplikasi nyata dengan menciptakan situasi yang mengikutsertakan
siswa-siswa untuk bertindak pada situasi tersebut. Simulasi dipergunakan untuk
mengajar pengetahuan prosedural seperti belajar bagaimana untuk menerbangkan
pesawat atau mengemudikan mobil. Program simulasi yang baik dapat memberikan
suatu lingkungan untuk situasi praktek yang tidak mungkin dapat dilakukan di
ruang kelas atau mengurangi resiko kecelakaan pada lingkungan sebenarnya.
4)
Problem Solving (Memecahkan Masalah)
Tipe Problem Solving menyajikan masalah-masalah untuk siswa
untuk menyelesaikannya berdasarkan kemampuan yang telah mereka peroleh. Program
ini memberikan aplikasi dasar strategi pemecahan masalah, analisis akhir,
mencari ruang permasalahan, dan inkubasi Program ini akan membantu siswa untuk
menciptakan dan mengembangkan strategi pemecahan masalah mereka.
5)
Instructional/ Educational Games
Tipe Instructional atau Educational Games merupakan program
yang menciptakan kemampuan pada lingkungan permainan. Permainan diberikan
sebagai alat untuk memotivasi dan membuat siswa untuk melalui prosedur
permainan secara teliti untuk mengembangkan kemampuan mereka.
0 komentar:
Posting Komentar